Translate

Jumat, 30 Maret 2012

Media Pembelajaran(Presentasi) Biologi

Memposting kembali kali ini, dengan materi Biologi. Ya pelajaran yang berhubungan dengan alam, dan kebanyakan di sukai oleh kaum perempuan. Namun, tidak sedikit pula laki-laki yang juga menyukai pelajaran ini.
Dan semoga anda lebih tertarik untuk mempelajarinya dengan presentasi yang anda download.

Untuk mendownloadnya klik link yang saya sertakan di bawah ini :

Presentasi Biologi

Untuk cara downloadnya silahkan klik link di bawah ini :

Cara Download

Sekian untuk segmen kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan copas tapi jangan lupa untuk menyertakan sumbernya

Media Pembelajaran(Presentasi) Kimia

Sukses dengan postingan sebelumnya, saya melanjutkan untuk kembali memposting dengan materi Kimia. Pelajaran ini adalah salah satu pelajaran yang banyak di sukai para siswa, apalagi ada presentasi seperti ini, pasti semakin tertarik.

Untuk mendownload materinya, tinggal klik linknya :

Presentasi Kimia

Dan untuk cara mendownloadnya, klik link di bawah ini :

Cara Download

Silahkan anda download, dan nikmati keasyikan belajar dengan presentasi. Cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi blog ini. Untuk yang hobi copas, silahkan copas tapi jangan lupa untuk menyertakan link sumbernya..

Media Pembelajaran(Presentasi) Fisika

Setelah sebelumnya memposting tentang Matematika, kali ini saya akan memposting presentasi tentang Fisika. Ya pelajaran yang mungkin paling di takuti oleh kebanyakan siswa. Dan lewat presentasi ini di harapkan bisa membangkitkan semangat dalam belajar Fisika dan tidak takut lagi. Mungkin dengan presentasi ini lebih mempermudah anda.

Langsung saja, untuk mendownloadnya tinggal klik link di bawah ini :

Presentasi Fisika

Seperti sebelumnya, bahwa untuk mendownload di perlukan akun. klik saja link di bawah ini untuk lebih jelasnya :

Cara Mendownload

Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda, dan terima kasih telah mengunjungi blog ini. Yang suka copas silahkan copas, tapi jangan lupa untuk menyertakan sumbernya.

Media Pembelajaran(Presentasi) Matematika

Kembali menulis lagi, kali ini saya akan post tentang media pembelajaran atau yang biasa kita sebut presentasi. Dan materi kali ini adalah Matematika.

Silahkan Download lewat link yang satu ini

Presentasi Matematika

Untuk cara mendownload file tersebut, silahkan klik link di bawah ini :

Cara Mendownload

Semoga bermanfaat, dan untuk materi yang lain akan saya post dalam postingan yang berbeda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Untuk copas, silahkan tapi jangan lupa untuk menyertakan sumbernya...... 

Rabu, 28 Maret 2012

Bosan dengan Belajar

Bosankah anda dengan belajar??? mungkin sebagian dari anda ada yang bosan. Belajar adalah salah satu cara bagi kita untuk menguasai suatu materi yang penting. Dengan belajar kita juga dapat menambah wawasan, tapi jika kita bosan dengan belajar dan akhirnya malas untuk melakukan belajar, maka kita akan kehilangan sebagian dari ilmu kita karena tidak belajar.

Bagaimanakah cara kita menumbuhkan sifat tidak bosan??? mudah saja, cukup dengan melakukan apa yang kita suka seperti menyanyi, mendengarkan musik, bermain game, dan banyak lainnya. Karena hal tersebut dapat menghilangkan stress kita suatu waktu, sehingga otak akan fresh ketika akan belajar. Dan mungkin bagi anda yang suka ngemil, ngemil sambil belajarpun akan asyik.

Dan jika anda bertanya kepada saya, pernahkah anda bosan dalam belajar? justru saya adalah salah satu orang yang mudah bosen, entah itu belajar, bermain game, ataupun yang lainnya. Namun, satu yang saya pikirkan dan saya renungkan kenapa saya harus bosan? toh itu yang terbaik untuk saya. Dan semenjak itulah saya mulai bisa mengurangi rasa bosan dalam hidup saya.

Dan ketika anda bosan ingatlah ini :
- Orang Jepang mempunyai semboyan Ganbatte Kudasai, yaitu semangat karena dengan itulah orang jepang bisa berhasil.
- Bondan pun bernyanyi lewat lagunya Tetap Semangat
- D'Massiv pun tak ingin kalah lewat lagunya Jangan Menyerah

Jadi dengan Berusaha dan Berdo'a kita bisa lakukan sesuatu yang ingin kita capai. So, hilangkan kata bosan dari hati kita, karena dapat berdampak buruk di kemudian waktu. Cukup sekian kali ini, dan terima kasih telah membaca ini, dan jika ingin copas silahkan, tapi jangan lupa untuk setakan sumbernya.

Sabtu, 24 Maret 2012

Mencoba, Mencoba, dan Terus Mencoba

Mencoba, tak ada yang berhasil sebelum ada yang mencoba. Mencoba adalah salah satu cara yang kita lakukan jika kita merasa tertantang ataupun penasaran dengan sesuatu yang kita anggap misterius. Dan saya ingin bertanya kepada anda, pernahkah anda merasa gagal????? menurut saya setiap orang itu pernah gagal, dan gagal itu merupakan proses pematangan bagi diri kita untuk meraih sebuah kesuksesan yang kita nanti.

Mencoba, suatu kata yang sudah tidak asing bagi kita, suatu kata yang dapat memacu semangat kita, suatu kata yang bisa menuntun kita ke jalan yang tepat. Dan saya bertanya lagi kepada anda, Pernahkah anda menemui, ataupun mendengar tentang orang yang sukses dengan sekali percobaan, saya rasa tidak, karena tidak mungkin suatu keberhasilan hanya di dapat dengan sekali percobaan. Lihat saja para profesor, ilmuwan, ataupun orang berhasil lainnya, apakah mereka berhasil hanya dengan sekali mencoba?? tidak kan, mereka selalu mencoba, mencoba, dan mencoba. 

Jika kalian pernah menemukan suatu kesulitan maka janganlah kalian cepat menyerah, karena keberhasilan itu pasti datang di kemudian hari. Percayalah akan kemampuan kalian karena dengan kemampuan itulah anda dapatkan keberhasilan. Dan renungkanlah kata-kata bijak para tokoh di bawah ini.....

Albert Enstein berata : Aku Berpikir terus menerus berbulan-bulan dan bertahun tahun, sembilan puluh sembilan kali dan kesimpulannya salah. Untuk yang keseratus aku benar. 

Phytagoras berkata : Wahai anak muda, jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, engkau harus menanggung pahitnya kebodohan. 

Kali ini Alexander Graham Bell pun berkata : Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka. 

Ya itulah sedikit dari saya, silahkan copas tapi jangan lupa menyertakan link sumbernya... terima kasih telah membaca ini dan terima kasih juga telah mengunjungi blog yang sederhana ini.

Senin, 05 Maret 2012

Asyiknya Belajar

Belajar adalah salah satu kunci sukse seseorang dalam menuntut ilmu, karena dengan belajar, setiap pelajar dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan juga pengalaman yang tentunya bermanfaat bagi dirinya. Namun, kebanyakan dari para siswa tidak senang dengan yang namanya belajar, bahkan mendengar kata belajar pun mereka menutup telinga. Kondisi inilah yang membuat banyak siswa mengalami kegagalan dalam suatu pembelajaran.

Mungkin kebanyakan dari mereka tidak tahu manfaat dan kegunaan dari belajar, sehingga tidak ingin bertemu dengan yang namanya belajar. Tetapi, tidak sedikit pula siswa suka belajar daripada kegiatan lain. Belajar sebenarnya adalah suatu pekerjaan yang asyik jika kita lakukan dengan senang hati, karena jika kita belajar dengan terpaksa maka akan membuang waktu bagi kita sehingga belajar itu menjadi sia-sia.

Banyak siswa yang mengatakan bahwa belajar itu asyik, apalagi belajar bersama teman-teman sehingga bisa sharing dan bertukar pendapat satu dengan yang lain. Banyak sekali manfaat belajar, apalagi belajar itu di lakukan secara rutin sehingga akan maksimal yang di peroleh.

Jadi, saran saya adalah belajar itu asyik dan harus kita lakukan secara rutin, dan belajar itu merupakan kunci sukses kita untuk meraih cita-cita yang kita inginkan untuk masa depan kita kedepan.

Sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini.....

Minggu, 04 Maret 2012

Request Materi

Di sini saya ingin meminta saran dari sobat-sobat semua untuk menambah kreasi pada blog ini. Blog ini saya buat khusus untuk pembelajaran dan ingin sharing-sharing dengan sobat semua mengenai pembelajaran. Jujur saya masih bingung dengan apa yang harus saya tambahkan pada blog ini.

Dan saya tunggu semua saran dari sobat semua.

Sabtu, 03 Maret 2012

Ekologi


Ekosistem merupakan suatu interaksi yang kompleks dan memiliki penyusun yang beragam. Di bumi ada bermacam-macam ekosistem.
1.      Susunan Ekosistem
Dilihat dari susunan dan fungsinya, suatu ekosistem tersusun atas komponen sebagai berikut.
a.      Komponen biotic
berdasarkan tingkat organisasinya, komponen biotic dapat dibedakan menjadi:
  1. Komponen autotro (Auto = sendiri dan trophikos = menyediakan makan)
Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai, contohnya tumbuh-tumbuhan hijau
  1. Komponen heterotrof (Heteros = berbeda, trophikos = makanan)
Heterotrof merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanannya dan bahan tersebut disediakan oleh organisme lain. Yang tergolong heterotrof adalah manusia, hewan, jamur, dan mikroba.
  1. Pengurai (dekomposer)
Pengurai adalah organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati (bahan organik kompleks). Organisme pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepaskan bahan-bahan yang sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Termasuk pengurai ini adalah bakteri dan jamur
b.      Komponen abiotik
Komponen abiotik yang menyusun ekosistem terdiri dari: suhu, cahaya, air kelembapan, udara, garam-garam mineral dan tanah.
2.      Aliran Energi dalam Ekosistem
Energi utama dalam ekosistem berasal dari energi matahari. Energi mengalir dari satu komponen ke komponen lain. Aliran energi tersebut dapat dibedakan menjadi:
        i.            Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dalam suatu ekosistem. Alur rantai mengikuti tingkat tropic, yaitu:
Produsen - konsumen primer - konsumen sekunder - konsumen tertier-pengurai
      ii.            Jaring-jaring makanan adalah rantai-rantai makanan yang saling tumpang tindih dalam suatu ekosistem.
    iii.            Piramida ekologi susunan keseluruhan tingkat tropic dalam ekosistem. Piramida ekologi dibedakan menjadi piramida energi (produktifitas), piramida biomasa dan puramida jumlah. Dari ketiganya piramida yang paling akurat adalah piramida energi. Dalam ekosisstem yang seimbang atau stabil, semakin tinggi tingkat tropic maka semakin kecil ukurannya (piramidanya akan mengkerucut)
3.      Macam-macam ekosistem
Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi ekosistem darat dan ekosistem perairan. Ekosistem perairan dibedakan atas ekosistem air tawar dan ekosistem air Laut
a.      Ekosistem darat
Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya), ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa bioma, yaitu sebagai berikut.
  1. Bioma gurun
Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika (sepanjang garis balik) yang berbatasan dengan padang rumput Ciri-ciri bioma gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Suhu slang hari tinggi (bisa mendapai 45°C) sehingga penguapan juga tinggi, sedangkan malam hari suhu sangat rendah (bisa mencapai 0°C). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.
  1. Bioma padang rumput
Bioma ini terdapat di daerah yang terbentang dari daerah tropik ke subtropik. Ciri-cirinya adalah curah hujan kurang lebih 25-30 cm per tahun dan hujan turun tidak teratur. Porositas (peresapan air) tinggi dan drainase (aliran air) cepat. Tumbuhan yang ada terdiri atas tumbuhan terna (herbs) dan rumput yang keduanya tergantung pada kelembapan. Hewannya antara lain: bison, zebra, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kangguru, serangga, tikus dan ular
  1. Bioma Hutan Basah
Bioma Hutan Basah terdapat di daerah tropika dan subtropik.
Ciri-cirinya adalah, curah hujan 200-225 cm per tahun. Species pepohonan relatif banyak, jenisnya berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung letak geografisnya. Tinggi pohon utama antara 20-40 m, cabang-cabang pohon tinngi dan berdaun lebat hingga membentuk tudung (kanopi). Dalam hutan basah terjadi perubahan iklim mikro (iklim yang langsung terdapat di sekitar organisme). Daerah tudung cukup mendapat sinar matahari. Variasi suhu dan kelembapan tinggi/besar; suhu sepanjang hari sekitar 25°C. Dalam hutan basah tropika sering terdapat tumbuhan khas, yaitu liana (rotan), kaktus, dan anggrek sebagai epifit. Hewannya antara lain, kera, burung, badak, babi hutan, harimau, dan burung hantu.
  1. Bioma hutan gugur
Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang,
Ciri-cirinya adalah curah hujan merata sepanjang tahun. Terdapat di daerah yang mengalami empat musim (dingin, semi, panas, dan gugur). Jenis pohon sedikit (10 s/d 20) dan tidak terlalu rapat. Hewannya antara lain rusa, beruang, rubah, bajing, burung pelatuk, dan rakoon (sebangsa luwak).


  1. Bioma taiga
Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik. Ciri-cirinya adalah suhu di musim dingin rendah. Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dap sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali. Hewannya antara lain moose, beruang hitam, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur.
  1. Bioma tundra
Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah Sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin. Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang datang pada musim panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap memiliki rambut atau bulu yang tebal, contohnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam.
b.      Ekosistem Air Tawar
Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.
Adaptasi organisme air tawar adalah sebagai berikut
1.      adaptasi tumbuhan
Tumbuhan yang hidup di air tawar biasanya bersel satu dan dinding selnya kuat seperti beberapa alga biru dan alga hijau. Air masuk ke dalam sel hingga maksimum dan akan berhenti sendiri. Tumbuhan tingkat tinggi, seperti teratai (Nymphaea gigantea), mempunyai akar jangkar (akar sulur). Hewan dan tumbuhan rendah yang hidup di habitat air, tekanan osmosisnya sama dengan tekanan osmosis lingkungan atau isotonis.
2.      adaptasi hewan
Ekosistem air tawar dihuni oleh nekton. Nekton merupakan hewan yang bergerak aktif dengan menggunakan otot yang kuat. Hewan tingkat tinggi yang hidup di ekosistem air tawar, misalnya ikan, dalam mengatasi perbedaan tekanan osmosis melakukan osmoregulasi untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya melalui sistem ekskresi, insang, dan pencernaan
Berdasarkan kebiasaan hidup, organisme dibedakan sebagai berikut :
1.      plankton
terdiri alas fitoplankton dan zooplankton; biasanya melayang-layang (bergerak pasif) mengikuti gerak aliran air
2.   Nekton
hewan yang aktif berenang dalam air, misalnya ikan.
3.      Neuston;
organisme yang mengapung atau berenang di permukaan air atau
bertempat pada permukaan air, misalnya serangga air.
4.      Perifiton
merupakan tumbuhan atau hewan yang melekat/bergantung
pada tumbuhan atau benda lain, misalnya keong
5.      Bentos;
hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup pada endapan. Bentos dapat sessil (melekat) atau bergerak bebas,
ssmisalnya cacing dan remis.
c.       Ekosistem air laut
Habitat laut (oseanik) ditandai oleh salinitas (kadar garam) yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar. Di daerah tropik, suhu laut sekitar 25°C. Perbedaan suhu bagian atas dan bawah tinggi. Batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan air yang dingin di bagian bawah disebut daerah termoklin.
Di daerah dingin, suhu air laut merata sehingga air dapat bercampur, maka daerah permukaan laut tetap subur dan banyak plankton serta ikan. Gerakan air dari pantai ke tengah menyebabkan air bagian atas turun ke bawah dan sebaliknya, sehingga memungkinkan terbentuknya rantai makanan yang berlangsung balk. Habitat laut dapat dibedakan berdasarkan kedalamannya dan wilayah permukaannya secara horizontal.
Menurut kedalamannya, ekosistem air laut dibagi sebagai berikut.
1.      Litoral merupakan daerah yang berbatasan dengan darat.
2.      Neretik merupakan daerah yang masih dapat ditembus cahaya matahari sampai bagian dasar dalamnya ± 300 meter.
3.      Batial merupakan daerah yang dalamnya berkisar antara 200-2500 m
4.      Abisal merupakan daerah yang lebih jauh dan lebih dalam dari pantai (1.500-10.000 m).
Di laut, hewan dan tumbuhan tingkat rendah memiliki tekanan osmosis sel yang hampir sama dengan tekanan osmosis air laut. Hewan tingkat tinggi beradaptasi dengan cara banyak minum air, pengeluaran urin sedikit, dan pengeluaran air dengan cara osmosis melalui insang. Garam yang berlebihan diekskresikan melalui insang secara aktif

4.      Daur biogeokimia
Siklus biogeokimia atau siklus organikanorganik adalah siklus unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Siklus unsur-unsur tersebut tidak hanya melalui organisme, tetapi jugs melibatkan reaksireaksi kimia dalam lingkungan abiotik sehingga disebut siklus biogeokimi. Daur biokimia dapat berupa:
a.      Siklus Nitrogen (N2)
Gas nitrogen banyak terdapat di atmosfer, yaitu 80% dari udara. Nitrogen bebas dapat ditambat/difiksasi terutama oleh tumbuhan yang berbintil akar (misalnya jenis polongan) dan beberapa jenis ganggang. Nitrogen bebas juga dapat bereaksi dengan hidrogen atau oksigen dengan bantuan kilat/ petir
Tumbuhan memperoleh nitrogen dari dalam tanah berupa amonia (NH3), ion nitrit (N02- ), dan ion nitrat (N03- ), agar nitrogen dapat dimanfaatkan tumbuhan maka harus melalui tahapan sebagai berikut.
v  Fiksasi dan Amonifikasi
Fiksasi atau pengikatan gas nitrogen dari udara dilakukan oleh bakteri (Azotobacter chroococcum dan clostridium pasteuranum) yang bersimbiosis dengan tumbuhan kacang-kacangan seperti rhizobium leguminosum. Fiksasi nitrogen juga bisa dilakukan oleh alga biru (Gleocapsa, Anabaena dan nostoc). Gas nitrogen yang diikat kemudian diubah menjadi gas ammonia (NH3). Proses pengubahan menjadi amonia ini disebut amonifikasi
v  Nitrifikasi
Nitrifikasi adalah proses pengubahan ammonia menjadi ion nitrit (NO2-) oleh bakteri nitrosomonas nitrosococus.
v  Nitratasi
Nitratasi adalah proses pengubahan ion nitrit menjadi ion nitrat (N03-) oleh nitrosomonas dan baktoderma. Ion nitrat inilah yang bisa diserap tanaman untuk pembentukan amino atau protein.
v  Denetrifikasi
Denetrifikasi adalah proses pemecahan nitrat menjadi gas N2 kembali oleh bakteri thiobacilus denetrificans dan clostridium denetrificans.
Skema siklus nitrogen tampak pada gambar berikut:
 











b.      Siklus fosfor
Di alam, fosfor terdapat dalam dua bentuk, yaitu senyawa fosfat organik (pada tumbuhan dan hewan) dan senyawa fosfat anorganik (pada air dan tanah). Fosfat organik dari hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan oleh dekomposer (pengurai) menjadi fosfat anorganik. Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah atau air laut akan terkikis dan mengendap di sedimen laut. Oleh karena itu, fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Siklus ini berulang terus menerus. Lihat Gambar
















c.      Siklus Carbon dan Oksigen
Di atmosfer terdapat kandungan CO2  sebanyak 0.03%. Sumber-sumber CO2 di udara berasal dari respirasi manusia dan hewan, erupsi vulkanik, pembakaran batubara, dan asap pabrik. Karbon dioksida di udara dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang nantinya akan digunakan oleh manusia dan hewan untuk berespirasi.
Hewan dan tumbuhan yang mati, dalam waktu yang lama akan membentuk batubara di dalam tanah. Batubara akan dimanfaatkan lagi sebagai bahan bakar yang juga menambah kadar C02 di udara.
Di ekosistem air, pertukaran C02 dengan atmosfer berjalan secara tidak langsung. Karbon dioksida berikatan dengan air membentuk asam karbonat yang akan terurai menjadi ion bikarbonat. Bikarbonat adalah sumber karbon bagi alga yang memproduksi makanan untuk diri mereka sendiri dan organisme heterotrof lain. Sebaliknya, saat organisme air berespirasi, COz yang mereka keluarkan menjadi bikarbonat. Jumlah bikarbonat dalam air adalah seimbang dengan jumlah C02 di air. Lihat Gambar












5.      Interaksi dalam Ekosistem
Interaksi antar komponen ekologi dapatmerupakan interaksi antarorganisme,antarpopulasi, dan antarkomunitas.
a.      Interaksi antar organisme
Interaksi antarorganisme dapat dikategorikan sebagai berikut:
·         Netral
Hubungan tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak, disebut netral. Contohnya : antara capung dan sapi
·         Predasi
Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh : Singa dengan mangsanya, yaitu kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus.
·         Parasitisme
Parasitisme adalah hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnya sehingga bersifat merugikan inangnya. contoh : Plasmodium dengan manusia, Taeniasaginata dengan sapi, dan benalu dengan pohon inang
·         Komensalisme
Komensalisme merupakan hubunganantara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan; salah satu spesies diuntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan. Contohnya anggrek dengan pohon yang ditumpanginya
·         Mutualisme
Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh, bakteri Rhizobium yang hidup pada bintil akar kacang-kacangan
b.      Interaksi Antarpopulasi
Antara populasi yang satu dengan populasi lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung dalam komunitasnya.Contoh interaksi antarpopulasi adalah sebagai berikut:
·         Alelopati merupakan interaksi antarpopulasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi tumbuhnya populasi lain. Contohnya, di sekitar pohon walnut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Pada mikroorganisme istilah alelopati dikenal sebagai anabiosa.Contoh, jamur Penicillium sp. dapat menghasilkan antibiotika yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.
·         Kompetisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh, persaingan antara populasi kambing dengan populasi sapi di padang rumput.
c.       Interaksi Antar Komunitas
Komunitas adalah kumpulan populasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan saling berinteraksi. Contoh komunitas, misalnya komunitas sawah dan sungai. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme, misalnya padi, belalang, burung, ular, dan gulma. Komunitas sungai terdiri dari ikan, ganggang, zooplankton, fitoplankton, dan dekomposer. Antara komunitas sungai dan sawah terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah dan peredaran organisme hidup dari kedua komunitas tersebut
Interaksi antarkomunitas cukup komplek karena tidak hanya melibatkan organisme, tapi juga aliran energi dan makanan. Interaksi antarkomunitas dapat kita amati, misalnya pada daur karbon. Daur karbon melibatkan ekosistem yang berbeda misalnya laut dan darat
d.      Interaksi Antar komponen Biotik dengan Abiotik
Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubunganantara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi,
Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem dapat mempertahankan keseimbangannya. Pengaturan untuk menjamin terjadinya keseimbangan ini merupakan ciri khas suatu ekosistem. Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka akan mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru.
6.      Suksesi Ekologi
Suksesi adalah proses perubahan atau pergantian spesies yang dominant pada suatu komunitas dalam jangka waktu yang panjangyang disebabkan karena kerusakan pada komunitas awal. Suksesi akan terus berlangsung hingga terbentuk komunitas klimaks (komunitas yang stabil). Suksesi dapat dibedakan menjadi:
a.       Suksesi primer
Terjadi apabila komunitas awal mengalami kerusakan total sehingga tidak ada yang tersisa.
Urutan munculnya spesies pada ekosistem, umumnya adalah:
Lumut kerak (lichen) – lumut – rumput -  semak – pohon.
Contoh suksesi primer, yaitu suksesi yang terjadi pada pulau krakatau setelah letusan gunung berapi.
b.      Suksesi sekunder
Terjadi apabila komunitas awal mengalami kerusakan sebagian, missal hutan yang terbakar, hutan yang mengalami penebangan liar.

referensi : Modeul Biologi Aksel kls 10

Spektrum Gelombang Elektromagnetik Dan Manfaatnya

1.       RADIO DAN TV
a)       Daerah frekuensi antara 104 – 107 Hz dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi radio AM  karena dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer sehingga dapat mencapai tempat-tempat yang jauh,
b)       Daerah frekuensi sekitar 108 HZ dimanfaatkan sebagai sebagai sarana komunikasi radio FM dan gelombang TV  karena dapat menembus lapisan ionosfer sehingga dapat menggunakan satelit – satelit
c)       Manfaat:
1)       Teleskop radio yang mampu mendeteksi spectrum gelombang lain dari luar angkasa mis: inframerah, ultra unggu, sinar X sinar gamma dan menemukan bintangb netron.
2)       Gelombang radio mengirimkan suara music atau percakapan gambar, dan data tanpa terlihat mata manusia dalam jarak yang mungkin mencapai jutaan kilometer.
3)       Beberapa penggunaan gelombang radio yang lain, misalnya telepon nirkabel (cordless phone), jaringan nirkabel, mainan dengan radio kontrol, telopon seluler, GPS (Gelombang Positioning Syistem), dan walkie talkie.
4)       Dalam system penyiaran radio (radio broadcasting), gelombang radio digunakan untuk membawa sinyal suara (audio) dari stasiun pemancar radio ke pesawat penerima radio.
System penelaan (tuning) pada pesawat radio di rumah-rumah penduduk akanmenyeleksi gelombang radio dari pemancar radio berdasarkan frekuensinya. Setelah gelombang radio dengan frekuensi tertentu dipilih, system rangkaian elektronik pada pesawat penerima radio akan mengambil sinyal audio yang dibawa oleh gelombang radio tersebut akan mengirimkannya ke sisem output sebagai suara pada speaker pesawat penerima radio tersebut.

2.       RADAR / GELOMBANG MIKRO
Daerah frekuensi sekitar 1010 HZ dimanfaatkan oleh pesawat  RADAR
Manfaat : untuk mendeteksi jarak suatu objek dan sebagai oven microwave

3.       INFRAMERAH
Daerah frekuensi antara 1011 – 1014 Hz
Manfaat:
a)       Salah satu penggunaan popular dari radiasi inframerah pada saat ini adalah remote control untuk peralatan elektronik seperti TV, AC, dan VCD.
b)       Sinar intramerah juga digunakan pada kamera untuk menangkap gambar dalam lingkungan yang gelap. kamera inframerah juga digunakan dalam pembuatan film ataupun program intertainment di televisi. Leser inframerah juga digunakan dalam system barcode, baik dibidang perdagangan maupun database kesehatan.
c)       Teleskop satelit inframerah untuk menghasilkan foto gambar alam semesta dengan hasil berkualitas

4.       CAHAYA TAMPAK/ SINAR TAMPAK
Daerah frekuensi antara 1014 – 1015 Hz
Manfaat: 
a)       Pada laser (pada pistol senapan, meriam laser)
b)       Digunakan dalam system komunikasi menggunakan serat optic sebagai pembawa sinyal komunikasi yang dipandu leser.

5.       ULTRA UNGU / ULTRA VIOLET (UV)
Daerah frekuensi antara 1015 – 1016 Hz
Manfaat:
a)       Untuk mendeteksi kandungan unsur2 dalam suatu bahan,
b)       Sinar matahari juga merupakan sumber sinar ultraviolet yang merangsang badan kita menghasilkan vitamin D yang kita perlukan untuk kesehatan tulang.
c)       Sinar ulotraviolet memiliki energi kimia yang dapat memandarkan bahan kimia seperti barium-platina-sianida. Karakteristik ini dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti misalnya didunia perbankan. Saat anda mengambil uang di bank, teller bank akan menyinari buku tabungan anda untuk memastikan kesamaan tangan anda di slip penarikan dengan tanda tangan di buku tabungan anda.
d)       Sinar ultraviolet juga dapat digunakan untuk memeriksa keaslian uang kertas.

6.       SINAR X
Daerah frekuensi 1016 – 1020 Hz:
Manfaat:
Mendeteksi  patah tulang, penyakit dalam / mengahasilkan gambar di film fotografi. Sinar-x ini benyak digunakan dalam bidang ke dokteran untuk memotret kedudukan tulang atau organ dalam tubuh manusia .

7.       SINAR GAMMA
Daerah frekuensi 1020 – 1025 Hz
Manfaat:
a)    Di bidang kedokteran, sinar gamma digunakan untuk membunuh sel kanker, tumor, dan menangani gangguan pada tubuh manusia.
b)    Sinar gamma juga dapat digunakan untuk sterilisasi alat-alat kedokteran atau deteksi retekan pada pipa baja.

TRIP & TRIK
Urutan dari frekuensi tertinggi ke frekuensi terendah / dari panjang gelombang terendah ke panjang gelombang tertinggi dapat disingkat dengan kata:
GRUTI RADA TELER
Referensi : Modul Fisika Aksel kls 10