Translate

Sabtu, 03 Maret 2012

Spektrum Gelombang Elektromagnetik Dan Manfaatnya

1.       RADIO DAN TV
a)       Daerah frekuensi antara 104 – 107 Hz dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi radio AM  karena dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer sehingga dapat mencapai tempat-tempat yang jauh,
b)       Daerah frekuensi sekitar 108 HZ dimanfaatkan sebagai sebagai sarana komunikasi radio FM dan gelombang TV  karena dapat menembus lapisan ionosfer sehingga dapat menggunakan satelit – satelit
c)       Manfaat:
1)       Teleskop radio yang mampu mendeteksi spectrum gelombang lain dari luar angkasa mis: inframerah, ultra unggu, sinar X sinar gamma dan menemukan bintangb netron.
2)       Gelombang radio mengirimkan suara music atau percakapan gambar, dan data tanpa terlihat mata manusia dalam jarak yang mungkin mencapai jutaan kilometer.
3)       Beberapa penggunaan gelombang radio yang lain, misalnya telepon nirkabel (cordless phone), jaringan nirkabel, mainan dengan radio kontrol, telopon seluler, GPS (Gelombang Positioning Syistem), dan walkie talkie.
4)       Dalam system penyiaran radio (radio broadcasting), gelombang radio digunakan untuk membawa sinyal suara (audio) dari stasiun pemancar radio ke pesawat penerima radio.
System penelaan (tuning) pada pesawat radio di rumah-rumah penduduk akanmenyeleksi gelombang radio dari pemancar radio berdasarkan frekuensinya. Setelah gelombang radio dengan frekuensi tertentu dipilih, system rangkaian elektronik pada pesawat penerima radio akan mengambil sinyal audio yang dibawa oleh gelombang radio tersebut akan mengirimkannya ke sisem output sebagai suara pada speaker pesawat penerima radio tersebut.

2.       RADAR / GELOMBANG MIKRO
Daerah frekuensi sekitar 1010 HZ dimanfaatkan oleh pesawat  RADAR
Manfaat : untuk mendeteksi jarak suatu objek dan sebagai oven microwave

3.       INFRAMERAH
Daerah frekuensi antara 1011 – 1014 Hz
Manfaat:
a)       Salah satu penggunaan popular dari radiasi inframerah pada saat ini adalah remote control untuk peralatan elektronik seperti TV, AC, dan VCD.
b)       Sinar intramerah juga digunakan pada kamera untuk menangkap gambar dalam lingkungan yang gelap. kamera inframerah juga digunakan dalam pembuatan film ataupun program intertainment di televisi. Leser inframerah juga digunakan dalam system barcode, baik dibidang perdagangan maupun database kesehatan.
c)       Teleskop satelit inframerah untuk menghasilkan foto gambar alam semesta dengan hasil berkualitas

4.       CAHAYA TAMPAK/ SINAR TAMPAK
Daerah frekuensi antara 1014 – 1015 Hz
Manfaat: 
a)       Pada laser (pada pistol senapan, meriam laser)
b)       Digunakan dalam system komunikasi menggunakan serat optic sebagai pembawa sinyal komunikasi yang dipandu leser.

5.       ULTRA UNGU / ULTRA VIOLET (UV)
Daerah frekuensi antara 1015 – 1016 Hz
Manfaat:
a)       Untuk mendeteksi kandungan unsur2 dalam suatu bahan,
b)       Sinar matahari juga merupakan sumber sinar ultraviolet yang merangsang badan kita menghasilkan vitamin D yang kita perlukan untuk kesehatan tulang.
c)       Sinar ulotraviolet memiliki energi kimia yang dapat memandarkan bahan kimia seperti barium-platina-sianida. Karakteristik ini dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti misalnya didunia perbankan. Saat anda mengambil uang di bank, teller bank akan menyinari buku tabungan anda untuk memastikan kesamaan tangan anda di slip penarikan dengan tanda tangan di buku tabungan anda.
d)       Sinar ultraviolet juga dapat digunakan untuk memeriksa keaslian uang kertas.

6.       SINAR X
Daerah frekuensi 1016 – 1020 Hz:
Manfaat:
Mendeteksi  patah tulang, penyakit dalam / mengahasilkan gambar di film fotografi. Sinar-x ini benyak digunakan dalam bidang ke dokteran untuk memotret kedudukan tulang atau organ dalam tubuh manusia .

7.       SINAR GAMMA
Daerah frekuensi 1020 – 1025 Hz
Manfaat:
a)    Di bidang kedokteran, sinar gamma digunakan untuk membunuh sel kanker, tumor, dan menangani gangguan pada tubuh manusia.
b)    Sinar gamma juga dapat digunakan untuk sterilisasi alat-alat kedokteran atau deteksi retekan pada pipa baja.

TRIP & TRIK
Urutan dari frekuensi tertinggi ke frekuensi terendah / dari panjang gelombang terendah ke panjang gelombang tertinggi dapat disingkat dengan kata:
GRUTI RADA TELER
Referensi : Modul Fisika Aksel kls 10

0 komentar:

Poskan Komentar